Sabtu, 11 Agustus 2007


Diskriminasi Pembantu, Sting Didenda Rp 450 Juta


London, Apa yang terjadi pada Sting mungkin bisa jadi pelajaran untuk para majikan di Indonesia. Gara-gara melakukan diskriminasi pada pembantu di rumahnya, Sting dan istrinya harus membayar US$ 50 ribu atau sekitar Rp 451 juta.

Pembantu yang bekerja sebagai juru masak tersebut bernama Jane Martin. Setahun lalu ia mengajukan tuntutan ke pengadilan tinggi Inggris pada Sting dan istrinya Trudie Styler. Martin tak terima karena diberhentikan dari pekerjaannya hanya gara-gara ia hamil. Juru masak itu menyebut Sting dan Styler telah melakukan diskrimnasi gender.

Satu tahun berselang, pengadilan akhirnya membuat keputusan. Personel The Police dan istrinya itu dinyatakan bersalah. Detikhot kutip dari Yahoo News, Rabu (17/7/2007), Martin pun berhak mendapatkan uang US$ 50 ribu atas kesalahan yang dilakukan Sting dan Styler.

Menurut juru bicara Styler, keputusan pengadilan tersebut sangat tak adil. Apalagi dari kesaksian beberapa pihak, istri Sting tersebut adalah sosok yang tak mungkin melakukan diskrimnasi pada orang lain.

Sebelum dipecat karena hamil, Martin sudah 8 tahun bekerja pada Sting dan Styler. Selama setahun ia mendapat gaji sekitar US$ 55 ribu.

Selama bekerja pada keluarga selebriti tersebut sebenarnya Martin merasa mereka sangat baik. Namun semuanya berubah ketika ia hamil. Styler seringkali memberinya banyak pekerjaan. Ia juga kerap marah, jika Martin minta libur.(eny/eny

Sumber : Http://www.detikhot.com/index.php/mobile.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/18/time/132002/idnews/806396/idkanal/230

Tidak ada komentar: